Tips Memulai Bisnis Online Shop Melalui Blog


Saat ini bisnis online telah menjadi wabah yang positif di kalangan pelaku bisnis khususnya di Indonesia. Tak ayal penggunaan media sosial sebagai wadah memasarkan produk pun semakin ramai bermunculan. Para pelaku bisnis online shop mulai berlomba-lomba dalam membuat situs yang menarik para konsumen. Salah satu yang banyak digunakan adalah website dan blog. Namun tidak semua pelaku bisnis mau mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk menyewa nama domain untuk website sehingga toko onlinenya terlihat lebih profesional. Oleh karena itu, untuk pelaku bisnis pemula tidak ada salahnya untuk memulai bisnisnya yang masih berskala kecil dengan menggunakan blog. Hal ini karena blog tidak membutuhkan biaya dalam penggunaannya.

Meskipun blog terkesan gratisan dan kurang profesional dibandingkan dengan website dengan domain yang mahal, namun pengguna blog masih tetap bisa menarik perhatian para konsumennya melalui blog tersebut. Berikut yang harus anda lakukan jika bisnis online shop anda masih menggunakan blog untuk alternatif pemasaran.

1. Buatlah Blog yang Berkualitas dan Berbobot


Meskipun blog terkesan kurang profesional dibandingkan dengan website, namun pengguna blog dapat mengakalinya dengan cara membuat dan mengisi blog tersebut dengan konten-konten yang menarik. Konten yang menarik tidak hanya memberikan hiburan kepada pembacanya tetapi juga memberikan informasi dan tentu saja bersifat edukatif. Jadi meskipun pada dasarnya niat anda membuat blog adalah untuk memasarkan produk, jangan lah kemudian blog anda hanya berisi produk yang anda jual saya. Anda bisa menulis atau memberikan informasi yang mendidik kepada konsumen, misalnya saja mengenai tips-tips membeli barang di online shop, dan sebagainya.

 

2. Buatlah Konten Semenarik dan Seunik Mungkin


Blog dapat diibaratkan sebagai tempat di mana anda menyimpan barang-barang yang akan dipasarkan. Maka agar gudang tersebut dilirik konsumen, buatlah menjadi semenarik mungkin. Caranya dengan memposting foto produk-produk yang akan dipasarkan secara berkala. Usahakan untuk memposting real pict dari produk anda. Hal ini untuk menghindari konsumen yang meragukan online shop milik anda karena foto yang anda posting hasil asal comot dari google atau malah toko online milik orang lain. Gunakanlah media yang bisa membuat kualitas foto produk menjadi bagus. Selain foto, agar konsumen tidak bosan, anda juga dapat memasukkan beberapa video atau audio mengenai penjelasan detil produk.

3. Fokus dalam Menulis Konten


Yang dibutuhkan untuk membuat blog anda terlihat lebih profesional, tidak hanya dengan membuat konten secara menarik saja. Hal lain yang tidak kalah penting adalah dengan fokus terhadap konten yang anda posting. Buatlah konten sedetil mungkin mengenai produk yang ingin dipasarkan. Dalam satu blog akan lebih baik jika pengguna hanya memasarkan produk dalam jenis yang sama. Contohnya, jika anda adalah penjual berbagai produk mulai dari alat kecantikan, gadget, pakaian, hingga makanan. Maka disarankan untuk membuat blog pada masing-masing produk. Hal ini bertujuan untuk menghindari kebingungan konsumen ketika membuka blog anda. Selain itu, hal ini juga dapat membantu blog anda terlihat lebih rapih dan fokus dalam memasarkan sebuah produk.

4. Mencantumkan Informasi Secara Akurat


Informasi penting yang tidak boleh terlewatkan adalah alamat toko jika ada, jika tidak ada anda bisa mencantumkan alamat rumah anda untuk menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen terhadap produk yang anda jual. Selain itu nomor telepon dan nomor rekening juga sangat penting. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mecantumkan nomor telepon, yang terpenting adalah kontak tersebut mudah untuk dihubungi. Anda juga dapat menambahkan link terkait media sosial lain yang online shop anda miliki, misalnya facebook, twitter, dan instagram.