Bisnis Online Anda Gagal? Ini Tips Mengembangkan Bisnis Online Shop


Bisnis online shop di era yang serba digital ini, sudah tidak dapat lagi diremehkan keberadaannya. Tanpa modal besar serta tempat dan waktu kerja yang fleksible membuat banyak orang mulai mencoba peruntungan dalam bisnis ini. Namun alih-alih memperoleh hasil maksimal dengan kerja yang minimal, sebagian orang justru gagal dan malah mengalami kerugian. Meskipun bisnis ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan, bukan berarti pelaku bisnis bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan. Hal ini khususnya bagi pembisnis pemula yang harus memiliki strategi dan perencanaan yang matang agar bisnisnya dapat berkembang.

Sebelum membahas bagaimana cara mengembangkan bisnis online shop anda, terlebih dahulu perhatikan penyebab mengapa situs bisnis online shop anda mengalami kegagalan?

1. Rumit dan Tidak Teratur


Situs sebagai media untuk mempromosikan sebuah produk harus dibuat semenarik dan seunik mungkin akan pengguna tidak cepat bosan ketika mengunjungi situs anda. Namun situs yang menarik bukan berarti harus penuh dengan berbagai konten yang justru akan membuat situs anda terlihat penuh dan tidak teratur. Ini jelas akan membuat pengunjung bingung dan akhirnya keluar dari situs anda. Usahakan untuk membuat konten sesimple mungkin namun tetap unik. Jangan memasukkan terlalu banyak iklan, gambar, video, atau audio secara bersamaan. Anda dapat melakukannya secara berkala dan menghapus konten yang tidak perlu.

2. Terlalu Umum


Buatlah situs seunik mungkin, sesuaikan dengan produk yang ingin dipasarkan. Misalnya, anda ingin membuat situs untuk online shop anda dengan produk boneka dan mainan untuk anak-anak. Maka buatlah situs itu menjadi tampilan yang terlihat lebih funny.

3. Fokus Pada Produk


Masih banyak situs yang justru lebih berfokus pada profil perusahaan dibandingkan dengan produk yang ingin dipasarkan itu sendiri. Akan lebih baik jika anda lebih detil dalam memberikan informasi mengenai produk karena profil perusahaan biasanya membuat pengunjung akan jenuh.

Setelah anda mengetahui hal-hal yang membuat situs online shop anda gagal, berikut tips untuk mengembangkan bisnis online shop anda:

Menentukan Media yang Tepat untuk Promosi


Sosial media tentu menjadi wadah yang tepat untuk anda mulai mempromosikan produk-produk anda. Sosial media yang paling banyak digunakan untuk promosi adalah instagram, twitter, dan facebook. Selain mudah dalam hal promosi, situs-situs tersebut juga yang paling banyak penggunanya khususnya di Indonesia. Selain itu yang tidak kalah penting, anda juga dapat menggunakan blog atau website.

Respon yang Cepat


Keaktifan pemilik bisnis online dalam memberikan pelayanan juga sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis onlinenya. Akan sia-sia jika anda memiliki banyak sosial media sebagai bahan promosi, jika anda tidak aktif menggunakannya. Misalnya saja, anda menggunakan media promosi blog, namun anda tidak aktif membalas pertanyaan-pertanyaan konsumen melalui kolom komentar. Hal itu tentu akan membuat konsumen enggan mengontak anda lebih lanjut karena anda dianggap lamban dalam memberikan respon.

Harga yang Kompetitif


Tujuan anda berbisnis online tentu saja karena ingin memperoleh keuntungan. Namun janganlah keuntungan dijadikan patokan utama dalam memulai bisnis hingga anda dengan seenaknya memberikan harga tinggi terhadap produk yang anda jual. Hal ini karena persaingan dalam bisnis online shop juga cukup banyak. Jika anda memberikan harga yang terlalu tinggi, konsumen akan enggan membeli produk di tempat anda. Akan lebih baik untuk tahap awal membuka usaha, fokus anda adalah mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Maka dari itu pasanglah harga secara relevan dan berikan pelayanan yang baik.